Senin, 22 Oktober 2012

DEMOCRACY 'school' PARTY

Oke,
Today is democracy party on my school
Yeah, sedikit pesta demokrasi
Ini juga sebagai contoh man, contoh dari demokrasi politik yang terjadi di kalangan pelajar/ pendidikan
Contoh kecil sih
Gue bisa ngomong ginian, soalnya gue tadi ada pelajaran Kewarganegaraan juga, mangkannya dikit dikit ngerti lah demokrasi apaan :D
Cuman mau sedikit sharing aja :D
Ini hari ada ORASI sama PEMILIHAN LANGSUNG milih ketua OSIS
Kampanyenya udah beberapa hari yang lalu, yang gue posting selama sehari usless gue bawa buku itu loh
Baca juga deh :D

Today is little democracy party
Halah, nyoblos/nyontreng/PEMILU
Bukan pemilu juga sih tapi PEMILKO (Pemilihan Ketua Osis) *maksain*
Iya, ini hari diadain kegiatan pemilu di sekolah
Tujuannya nggak lain nggak bukan mau nyari the next leader of OSIS
Calonnya man, ada 4
3 cewe dan 1 biji cowok
2 dari adek kelas / kelas 10
Dan 2 lagi seangkatan sama gue dan mereka juga temen temen gue, temen ‘nyangkruk’ kalo pulang sekolah
Mangkannya gue jadi bingung milihnya
Pemilihan calon ketua osis ini man di pilih dari serangkaian *halah* test
Gue ngejalanin juga man, cuman PUJI TUHAN gue nggak jadi calon ketua OSIS
Berat banget man
gue ngasih kesempatan sama orang yang lebih layak lah :D
Gue mah maunya langsung jadi PRESIDEN :3

Gue inget, test pertama itu lewat secarik kertas dan hebatnya banyak dari anak anak kelas 10 yang minat banget jadi pengurus OSIS, secara mereka mungkin dendam sama kita sewaktu MOS, jadinya ya minat banget mau jadi pengurus, belum tahu ‘senangnya di OSIS’ mereka
Hehehehhe
Waktu test pertama, awalnya gue nggak mau sama sekali ikutan osis lagi
Tapi eh ternyata gue di daftarin sama temen sekelaas gue, kampret bener dah
Oke gue terima dan mulai gue jalanin
Kali ini gue ngga mau jadi pengurus OSIS lagi soalnya ya secara waktu kelas 10 nih ya, gue ikutan OSIS dan hasilnya gue lebih lama di sekolah
Selama ini OSIS nggak ngehambat gue dalam hal pelajaran, pelajaran di sekolah fine fine aja
Syaratnya ya, pinter pinter bagi waktu. Milihin gaes, mana yang jadi prioritas utama dalam sehari
Jujur juga OSIS buat gue lebih bisa bicara di depan kelas atau pun di depan umum, in short OSIS bikin gue tambah PD buat mempermalukan gue dan seluruh hidup gue :3
Nah buat yang tahun ini gue ngerasa udahan, gue males banget kalo ngurusin lomba, apalagi sama kakak kelas. Jengkelnya minta ampun. Gue pribadi sih nggak apa apa kalo nggak di perhatiin, tapi ya please, hargai rekk
Nggak Cuma tekanan batiniah *halah* tapi juga lahiriah yang gue rasain selama ngurusin aneka classmeet. Sumpek tapi ya seneng juga sih
Apa artinya, gue juga kaga tau ..
Di OSIS 50:50 lah seneng sama susahnya
Semua ditanggung bareng bareng, kecuali konsumsi ditanggung SEKOLAH
Wkwkkwkw

Hal lain yang ngebuat OSIS enak di jalanin itu ya, kita bisa gabung sama kakak kakak kelas, sering pulang sekolah telat bahkan  nginep di sekolah buat nyelesaiin semua tugas/tagihan/lomba ato apa lah, yang jadi progam kerja (proker) nya OSIS, selain itu tadi kita bisa keluar jam pelajaran man
Yehuu *jangan dicontoh*
Kita bisa keluar jam pelajaran  buat ngurusin aneka hal hal yang harus di urusin. Dan entah nggak tau dari mana, rasa kebersamaan dan kekeluargaan tiba tiba nyelip ada diantara kitakalo kita keluar jam pelajaran sama sama *nangis haru*
 Menurut gue kalo ninggal jam pelajaran yang ‘nyantai’ dan bisa di kejar, gue senang hati bisa keluar kelas. Tapi selama kelas 10 ini yang gue tinggal pelajaran favorit gue man, fisikalah matematika lah. Nggak ding gue biasa aja sama matematika sama fisika. Cuman ya itu nilai gue sempet nggak tuntas di FISIKA
Emang nggak jodoh gue sama FISIKA
Oke lah, gue nggak bisa ngejar fisika mangkannya gue disini di kelas SOSIAL/ IPS
Eh kok ngelantur

Oke deh di OSIS gue belajar banyak hal
Gue bisa ngerasain gimena sih susahnya jadi event organizer di sekolah,
susah pol, dan kudu sabar
sabar dalam hal macem macem, soal mintain dana, ngurus ngejadwailin acara, bikin venue yang asik dan yang nggak ditinggal kakak kakak kelas bolos, macem macem deh. Dan hal hal ini nggak bakalan gue dapetin kalo gue nggak ikutan OSIS
Untuk anak anak LKTD ( latihan kepemimpinan tingkat dasar ) tahun ini, gue lihat sekilas kalo mereka jadi OSIS bukan dari dalam hatinya, gue pun juga. Jujur gue waktu kelas 10 jadi OSIS Cuma iseng dan mau cari sertifikat aktif kelembagaan di sekolah. Bukan buat ajang pamer pameran ke temen temen. Nggak munafik. Nah kalo sekarang yang gue lihat, mereka lebih senang dilihat sok sibuk, dan pengen ngeksis doang di twitter, bukan ding di OSIS mereka pengen dilihat penting sama temen temen atau malah sama kakak kakak kelas mereka, mereka cuman mau dilihat sebagai orang yang bisa make jas almamater.jadi cuman jadi label aja.  Tapi gue percaya kalo mereka nggak gitu, dan gue harap mereka bisa rubah sikap dan bener bener mau jadi anggota osis yang nggak ngedumel, soalnya man, kita memang bener bener butuh pengurus yang nggak cuman ngandelin nama doang, tapi juga bener bener sesosok yang bisa di andelin, semoga ..
Ntaran kalo gue iseng, gue mau posting semua hal hal yang ada di OSIS yang gue alamin ato gue rasain, sabar yeh :D

Oke, back to the main idea
Yang pertama kan test lewat selembar kertas itu misal dari 60 yang ikut Cuma keterima 50
Setelah pengumuman di tempel di depan kantin, ada test baru itu wawancara
 Jadi kita seorang diri di Tanya tanyain gitu sama kakak kelas 12 yang pegurus OSIS
Satu calon anggota ditanyain sama 2 orang kakak, pertanyaannya gampang banget, butuh nalar sama kecakapan bicara. Karena gue jago ngomong *baca : bawel* gue bisa ngedepin test beginian.
Contoh soalnya : kalo kamu ketua suatu acara yang diadain sama OSIS mau ngadain suatu pensi-lah kalo dikata, dan waktu itu juga banyak ulangan dan tugas, padlah rencana belum matang sam asekali. Pertannyaannya siapakah gueu matematika SMA kita tahun 1994, bukan bukan itu. Pertannyaannya, bagaimana solusianya kalo terjadi hal seperti itu nanti ..
Jawabannya RA HA SIAAAA :D
Trus sekitar semingguan, pengumuman hasil seleksi keluar. Dari 50 orang mungkin yang keterima 40 biji
Trus test berikutnya, It is my lovely part, debat
Disini kita di bagi dalam kelompok, 1 kelp 3 orang. Dan itu diacak terusan beda beda, maksudnya bukan temen sendiri yang sering ngobrol bareng
Disana 2 kelompok, berarti 6 orang harus debat mulut. Kalo gue yang bikin test, gue maunya debat kaki. Nggak ding

Ntar, gue mau ngelepas anduk gue di kepala. Lupa tadi keramas
Cus nulis lagi

Trus kita digiring di satu kelas,kalo nggak salah di ruang kelas X4. Disana ada 2 guru, waktu itu yang gue kelas 11 ada guru bahasa Indonesia sama guru Kewarganegaraan gue. Dana 2 kakak kelas yang bantuin ngatur gimana jalannya proses debat dan langsung dikasih pilihan mau jadi pro/setuju  atau kontra/ngga setuju tanpa tahu apa soalnya denagn cara suit
Yang menang boleh milih. Trus kalo udah, dikasih pertanyaan di jawab deh
Ngotot ngototan gitu :D
Trus pengumuman keluar, yang kepilih dari 40 orang jadi 30 anak. Dan kita kita yang nanti pergi lktd di jati jejer, trawas
Lktd ya gitu gitu aja, masa gue harus certain sih
Panjang
Kapan kapan dah, gue posting
Sampe lktd,  anak anak lktd ‘dimanfaatin’ abis abisan. Mereka di tantang gimana caranya menjadi calon pemimpin ynga baik buta temen temennya. Buat penilaian gitu.
Trus dipilihin 4 anggota lktd buat jadi calon ktua osis
Nah trus sisanya jadi tim sukses gitu
Trus kampanye keliling kelas, tahun ini lebih ‘waw’ dari pada tahun kemaren
Trus sampe akhirnya hari ini, calon ketua osis orasi satu satu, nyampaiin apa visi misi dan program kerja mereka. Kita milih satu dari antara mereka
Dan udah deh
Tinggal tunggu hasilnya, nggak tahu kapan
Denger dengger pelantikan tanggal 29 Oktober besok
Sekalian upacara sumpah pemuda sama lomba bulan bahasa yang di ada in sama anak anak kelas bahasa *tepok tangan*
Aslinya gue galo, siapa yang mau gue pilih
Metreka ber4 itu seimbang
Ada sisi kelemahan tapi sisi positifnya juga nggak kalah banyak
Maunya sih gue golput alias nggak milih ato gue pilih empat empatnya
Taoi kok jahat banget gue
Kalo SMA aja udah golput, apalagi belok PEMILU PERTAMA gue tahun 2014 ntaran
Mangkannya temen temen, jangan golput yeh
Kalo ada ginian di skolah kalian, jangan takut buat ngasih pendapat kalian
Secara nggak langsung ini juga ngelatih kita buat nyalurin pendapat di jenjang yang masih kecil
*uaseeeeeeeeeeeeeeeeekkkk*
Eh, besok gue bikin kelepon nih tugas keterampilanmana celemek gue kaga ada lagi
Udah ah gue mau nyari celemek kayanya, atu ngga tau lagi ding kalo kepincut online :3
Wkwkwkkw :D


Regards

‘calon presiden’
Gue :D

Tidak ada komentar:

Posting Komentar