Sabtu, 13 Oktober 2012

bakpao | bapau

oke,
gue punya tebakan
apa yang putih, bulet, anget, manis ?
tetot
bener banget, itu kitab sotasoma punya mpu tantular -_-
gue pengen banget bapao/ bakpau
gue pengen makan si empuk empuk putih itu
tapi man
ini udah malem
dan hello,ini sidoarjo
dimana satu kota ngga ada bapau merk *halah merk* chik yen :D
ada sih, di deket ramayana sana
tapi jauh ah
coba kalo bisa order by telpon
pasti gue bakal beli sendiri di kiosnya :d *ampun*
kan lucu
bisa nyaingin PHD, kalo bapau yang chikyen itu ana order pesan antar pasti namanya CYD
ngga cute sumpah
mending ngga usah
oke, gue ngebet banget makan bapau
kacang item ato coklat deh
hmm
mangkannya gue gogling bapau dan hasilnya demikian, buat gue ngiler kuadrat :
dari wikipedia nih ..

Bakpao ( Hanzi: 肉包, hokkian: bakpao, hanyu pinyin: roubao) merupakan makanan tradisional Tionghoa. Dikenal sebagai bakpao di Indonesia karena diserap dari bahasa Hokkian yang dituturkan mayoritas orang Tionghoa di Indonesia. Pao itu berati "bungkusan", dan bak itu artinya daging, jadi bakpao berarti "bungkusan (berisi) daging". Bakpao dalam bahasa Hakka / Khek yaitu " Nyukppao / Yugppao " yang mempunyai arti yang sama yaitu " Daging Berbungkus " .
Bakpao sendiri berarti harfiah adalah baozi yang berisi daging. Pada awalnya daging yang paling lazim digunakan adalah daging babi. Akan tetapi baozi sendiri dapat diisi dengan bahan lainnya seperti daging ayam, sayur-sayuran, serikaya manis, selai kacang kedelai, kacang azuki, kacang hijau, dan sebagainya, sesuai selera. Bakpao yang berisi daging ayam dinamakan kehpao.
Kulit bakpao dibuat dari adonan tepung terigu diberi ragi untuk mengembangkan adonan, setelah diberikan isian, adonan dibiarkan sampai mengembang lalu di kukus sampai matang. Untuk membedakan isi bakpao, tanpa daging (vegetarian) basanya di atas bakpao diberi titikan warna, demikian juga dengan isian yang lain diberi tanda warna yang berbeda-beda.

kampret
gue ngiler kuadrat 
coba, bakapau polos aja deh
ngga pake macem macem warna, bentuk, etc
putih polos pake asep ngepul aja
pasti udah gue makan
berhubung ini adanya laptop,
iya masa gue makan laptop -_-
 
gue suka bapau, walopun gue bukan secara langsung keturunan bapau
gue cinta bapau
dari macem macem bapau yang gue coba, mulai dari yang kulitnya dibuat dari ketela, singkong, apaan lah, yang warnanya macem macem
yang paling enak ya yang warnanya putih polos mekar sama titik warna di tengah
buat gue, kalo gue makan bapau yang anget anget, pake asep yang masih ngepul
pasti .. gue ademin dulu
panas men
baru, kalo udah dikit dingin
kertas bawahnya di ambil tuh 
di belah jadi dua
dimakan sendirian
beee, kenikmatan luar biasa
apalagi kalo di beliin
bah
rasanya ngelebihin selesainya pidato kepala sekolah waktu upacara man
halah, udah deh
besok senen gue mau beli aja :D

Tidak ada komentar:

Posting Komentar